Viral, PT Dabi Oleo Diduga Beroperasi Tanpa IUI

DUMAI, Tribunriau- PT Dabi Oleo sempat menjadi viral di publik, diduga belum mengantongi Izin Usaha Industri (IUI) namun telah beroperasi pa...

DUMAI, Tribunriau- PT Dabi Oleo sempat menjadi viral di publik, diduga belum mengantongi Izin Usaha Industri (IUI) namun telah beroperasi pada tahun 2019 yang lalu.



Terletak di sudut Kota Dumai sangat jauh dari pantauan pihak berwenang atau instansi terkait dalam hal ini DPMPTSP Kota Dumai.



PT. Dabi Oleo yang berlokasi di Nerbit Besar, Kecamatan Sungai Sembilan, beberapa awak media mendatangi untuk konfirmasi terkait IUI.



Namun dari pihak Humas PT Dabi Oleo Afrialdy engan bertemu bahkan dihubungi melalui WhatsApp ogah membalas.



Menurut informasi warga tempatan, pihak PT Dabi Oleo merekrut pekerja dari kalimantan dan Medan (red) tanpa warga tempatan.



Ketika dikonfirmasi pejabat berwenang di DPMPTSP Dumai minggu lalu melalui Kabid Pengawasan Wan Nurhakmi, ia kaget mendengar PT Dabi Oleo telah beroperasi.



Dikatakannya, pihaknya hingga kini belum ada mengeluarkan Izin Usaha Industri (IUI) untuk PT. Dabi Oleo yang dikabarkan mulai beroperasi pada pertengahan tahun 2019 itu.



Ditegaskannya, untuk memastikan hal tersebut, dirinya dengan beberapa pihak akan turun ke lokasi untuk melakukan verifikasi.



"Nanti kita akan turun untuk mengecek kebenaran informasi (sudah beroperasinya PT. Dabi Oleo, red) ini," tegasnya.



Namun, berbeda dengan pihak Darmex yang menaungi PT. Dabi Oleo Dumai, melalui Al Hafis menyatakan bahwa perusahaan sudah beroperasi dan tentunya sudah memiliki izin.



"Kalau sudah beroperasi tentunya kita sudah mengantongi izinnya pak," ujarnya saat dikonfirmasi via selular, Selasa (31/12) minggu lalu.



Berikut peraturan Perda yang berlaku :

IZIN USAHA INDUSTRI, IZIN PERLUASAN DAN TANDA DAFTAR INDUSTRI – PERIZINAN
PERDA NO. 17 TAHUN 2000

PERATURAN DAERAH KOTA DUMAI NOMOR 17 TAHUN 2000 TENTANG IZIN USAHA INDUSTRI, IZIN PERLUASAN DAN TANDA DAFTAR INDUSTRI. (tim)

Related

Hukrim 48487337469418992


Terhangat Minggu Ini

Terbaru

item