31 maret, Data covid -19 di Rohil : 1705 ODP, 2 PDP, 87 Selesai Pemantauan

ROHIL, tribunriau - Terkait Covid -19 kabupaten Rokan Hilir (Rohil) pada hari ini , selasa (31/3/20) jam :17.00 wib, status orang Dalam peng...

ROHIL, tribunriau - Terkait Covid -19 kabupaten Rokan Hilir (Rohil) pada hari ini , selasa (31/3/20) jam :17.00 wib, status orang Dalam pengawasan (ODP) sebanyak 1705, pasien dalam pengawasan (PDP) 2 orang yang sekarang sedang dirawat di Rumah sakit umum dr. Pratomo Bagansiapiapi, sedangkan yang sudah selesai pemantauan 87 orang.

demikian disampaikan kasubbag DOKPIM Hasnul Yamin yang juga sebagai juru bicara gugus tugas percepatan covid -19 kabupaten Rokan Hilir di media center tanggap Covid -19 jalan perwira Bagansiapiapi.

Ia juga menyampaikan, bahwa selain ada ODP yang sudah sembuh atau tidak beresiko, peningkatan dikarena adanya kepulangan warga rohil dari daerah pandemi , seperti : jakarta, medan, bahkan luar negeri yang terpantau dengan status sosial seperti para mahasiswa bahkan swasta yang saat ini diliburkan sementara terkait covid -19 ,bahkan juga para tenaga kerja indonesia (TKI) asal Rohil yang dipulangkan.

Selanjutnya sekretaris Dinas kesehatan Rokan Hilir H. Ahmad menjelaskan, bahwa kondisi ODP pada hari ini sedikit mengalami peningkatan, ini masih adanya warga Rokan Hilir yang pulang kampung, artinya masyarakat kita yang bekerja diluar Daerah yang terjangkit, mereka pulang dengan status ODP, kemudian barang kali ada anak-anak kita maha siswa/siswi yang pulang seperti daerah yang saya sampaikan tadi ,mereka juga pada saat ini pulang.

Ia yakin Pada saatnya nanti ketika angka kepulangan semakin kecil , beberapa hari kedepan ODP nya akan menurun secara Drastis, dan apabila kedatangan warga rokan hilir dari luar berkurang, mungkin tidak seperti ini lagi jumlahnya, karena mereka yang tidak lagi berstatus ODP akan mengurangi jumlah yang ada, contoh pada hari ini Rokan Hilir sudah tidak lagi tercatat sebagai ODP sebanyak 87 orang , karena mereka sudah melebihi selama 14 Hari .

Beberapa hari kedepan salah satu contoh adalah balai jaya yang pada hari ini sudah menurunkan angka ODP nya sebanyak 32 orang , karena mereka yang setiap hari melapor banyak warga yang menjadi ODP tentu pada saatnya nanti mereka akan mengurangi datanya.

Kemudian dapat disampaikan dari hasil yang di input dari beberapa unit layanan puskesmas yang ada di Rokan Hilir adalah sebgai berikut :



" Kami baru saja mengkofirmasi kepada direktur pimpinam RSUD dr. Pratomo ,bahwa PDP kita dalam kondisi sangat mengembirakan ,walaupun demikian mereka tetap dalam penanganan atau dalam pantauan dokter yang merawatnya, kita sudah melakukan rebic tes kepada mereka, meskipun rebic tes ini sifatnya hanya untuk menentukan bagaimana hasilnya, tapi alhamdulillah dari pasien RSUD dr. Pratomo sudah kita lakukan rebic tes hasilnya negatif," ujar ahmad.

Masyarakat pada saat ini tidak perlu panik kondisi saat ini, mari sama - sama kita hadapi, yang penting bagaimana masyarakat Rokan Hilir dapat menertibkan dan mendisiplinkan diri sesuai arahan atau aturan yang dibuat oleh pemerintah , yang lebih penting pada saat ini sosialisasi yang dilakukan pada masyarakat.

Belakangan ini kita bisa melihat bahwa masyarakat kita sudah mulai paham beberapa persoalan yang sudah disampaikan kepada mereka melalui berbagai elemen ,ini sudah terlihat berbagai upaya yang dilakukan oleh pemerintah kabupaten Rokan Hilir, baik itu Bupati, wakil Bupati, Forkopimda dengan mengerahkan semua potensi yang ada dan kekuatan yang ada ,kita selalu bersinergi dalam rangka pengurangan covid - 19.

" Mudah - mudahan dengan Do'a bersama dan bersinergi seluruh elemen yang ada di Rokan Hilir ini, kita yakinkan, bahwa kita mampu memerangi covid -19 ini, karena ini inti nya disiplin diri sendiri , karena disiplin harus kita mulai dari diri sendiri, karena cara yang paling ampuh adalah bagaimana berdiam diri dirumah, kalaupun keluar rumah untuk hal yang sangat diperlukan , karena kita kawatir, sebagai mana yang kita ketahui angka positifnya meningkat, apalagi pada saat ini provinsi Riau itu sudah tercatat untuk hari ini ada 3 orang positif ,meskipun satu sudah sembuh ,tapi sudah sampai ke angka tiga positifnya. Alhamdulillah Rokan Hilir statusnya masih PDP, tapi PDP nya dalam posisi aman," kata Ahmad.

Pemerintah kabupaten Rokan Hilir ,Bupati H. Suyatno menyampaikan melalui kasubbag Dokpim Hasnul yamin yang juga sebagai juru bicara gugus tugas percepatan penanganan covid 19 kabupaten Rokan Hilir , mengharapkan agar masyarakat menuruti himbauan dan anjuran pemerintah untuk bisa sementara dirumah saja ,sayangi diri bahkan keluarga untuk indonesia bersama kita melawan corona.(hen)

Related

Kesehatan 2730880865585238706


Terhangat Minggu Ini

Terbaru

item