Jalan Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Tanjung Kapal Rupat Tanam Pisang

RUPAT, Tribunriau- Kesal bercampur marah karena tak kunjung juga diperbaiki, warga RT 06 RW 03 Kelurahan Tanjung Kapal Rupat Kabupaten Bengk...

RUPAT, Tribunriau- Kesal bercampur marah karena tak kunjung juga diperbaiki, warga RT 06 RW 03 Kelurahan Tanjung Kapal Rupat Kabupaten Bengkalis tanam pisang di jalan yang rusak dan berlubang, Kamis (18/3).

Salah seorang warga tempatan ketika ditemui awak media ini meminta pihak yang berwenang untuk segera memperbaiki, setidaknya dilakukan pengerasan.

"Kalau bisa bantu di-base-lah jalannya, kalau jalan seperti ini otomatis kerjaan kami tidak lancar, dalam pengangkutan barang juga harus di-passing, di-over, karena mobil besar tidak bisa masuk ke dalam, imbasnya pada masyarakat sehingga menambah biaya," ujarnya tanpa menyebut identitas.

Begitu juga dengan warga lainnya, dengan kondisi jalan yang sedemikian parah, mereka memohon agar pemerintah memperhatikan nasib mereka.

Parahnya lagi, cerita warga ke awak media ini, seringkali mobil terpuruk, bahkan ada juga yang terbalik karena kondisi jalan yang rusak parah.

Sementara itu, Camat Rupat ketika dijumpai di ruang kerjanya, Kamis (18/3), mengatakan bahwa status jalan tersebut adalah jalan kabupaten, artinya yang mempunya kewenangan adalah pemerintah kabupaten dalam hal ini Dinas PUPR.

Namun, lanjut Camat, untuk jangka pendeknya, pihaknya akan berkoordinasi dengan beberapa pengusaha yang selalu menggunakan jalan tersebut.

"Kita koordinasi dengan pengusaha sama orang-orang yang menggunakan jalan yang sifatnya bisnis, kita koordinasi mereka bisa bantu apa," ujar Camat.

Untuk ke Pemkab, pihaknya segera mengusulkan untuk pembangunan jalan tersebut. "Kita kontak ke PU dulu, karena saya yakin di PU ini setiap tahunnya ada pemeliharaan, mungkin itu akan kita masukkan karena sifatnya jalan kabupaten, ya kita minta mereka untuk menyelesaikannya, minimal dari Ujung Aspal sampai ke Parit Joko," tambah Camat.

Dijelaskan Camat juga, beberapa perusahaan juga sudah pernah membantu, salah satunya PT SRL.

Terkait keluhan masyarakat harga sawit dan karet yang turun naik akibat jalan rusak, harus melangsir, Camat Rupat ini sangat menyayangkan karena disaat panen hasil, gara-gara infrastruktur jalan yang tidak tersedia dengan baik, masyarakat dirugikan.

"Karena memang jelas jalan ini sangat mengganggu sekali, namun kita usahakan komunikasi dengan pihak-pihak yang berlebih, bisa saling bantu untuk beberapa titik, sementara kita menunggu dari Dinas PU," tambahnya.

"Dalam minggu ini di-usahakan untuk menyurati pihak-pihak terkait disana, yang jelas kita surati Pemkab dulu, karena pimpinan kita disana, kalau masyarakat-kan alternatif biar cepat, sifatnya juga sementara walaupun ada nanti terkumpul bantuan pasir atau base paling sifatnya beberapa minggu habis juga kena hujan, yang penting dari PU-nya, mereka kan tahu secara teknis bagaimana bisa bertahan lama, jadi saya berharap masyarakat bersabarlah dalam beberapa saat ini mungkin kita dalam cuaca yang tidak menentu, kadang panas terus tiba tiba hujan deras, jadi masyarakat mohon pengertian karena semua lini sedang bekerja apalagi dalam pemerintahan baru ini saya yakin sedang semangat-semangatnya untuk bantu masyarakat," ungkap Camat Rupat.

Penulis: Johanes Mangunsong
Editor: Iskandar Zulkarnain

Related

Semesta Riau 3858398982343673278


Terhangat Minggu Ini

Terbaru

item